Senin, 24 November 2014

Desember 2011 s/d Februari 2012 - Kasus pertama JKT48 yang melegenda

Di saat member jalan-jalan ke Jepang, terjadilah suatu cerita dimana ibu negara alias Melody ketahuan skandalnya oleh fans, dimana skandal yang terjadi saat itu adalah Melody ketahuan menggunakan akun pribadinya untuk mention ‘pacarnya’ yang di Indonesia.. dan dari akun itulah foto-foto selama pacaran itu ketahuan semua.. dimana itu semua yang menjadi hot news pada waktu itu, yang tenar dengan yang namanya gerakan 5M.

Apakah ini?

Gerakan 5M adalah semacam gerakan perjuangan/ pemberontakan/ pengklaiman dari fans atau apalah kalian mau sebut namanya.. yang kepanjangannya adalah :

[Gerakan 5M] Mention Manajemen Menindak Masalah Melo


Q : Kenapa para fans kejam melakukan hal seperti itu ke Melody?
A : Karena pada saat itu terjadi juga kasus yang sama menimpa member AKB48, Hirajima Natsumi dan Yonezawa Rumi dari gen 1 dan gen 3 AKB48, dimana mereka dipecat oleh manajemen AKB48, sehingga para fans juga ingin manajemen JKT48 tegas kepada rules untuk membernya.. bukan karena ingin Melody dikeluarkan, setidaknya ada statement dari official JKT48 yang membuat para fans bisa mengerti. Profesionalitas manajemen JKT48 saat itu diragukan, karena keterlambatan informasi(sampai sekarang sih hahaha)

Contohnya adalah staff (pada waktu itu) yang tweet seperti ini menunjukkan mereka belum siap untuk tahu apa itu JKT48, apa itu 48 family
image


Gerakan 5M ini dibuat oleh fans 48, terutama fans AKB48 saat itu, yang bertujuan untuk menindak member yang tidak patuh pada peraturan, terutama peraturan pada 48 family.

dimana peraturan JKT48 pada saat itu adalah :

- harus menutup akun twitter + fb pribadi
- gak boleh pacaran

*foto skandal serta tweet tidak saya lampirkan*

Gerakan ini adalah mention manajemen baik JKT48 maupun AKB48, yang saat itu para fans melakukan tweet ke Togasaki-san (AKB48 general manager) saat itu.

Dan tak disangka-sangka adalah pada waktu itu Togasaki-san merespon tweet dari para fans Indonesia.


Balasan Togasaki-san pada waktu itu

@tgsk wrote:どなたかインドネシア語で、JKT48の運営には伝えました!と訳して頂けませんでしょうか?
dimana artinya “Kepada fans Indonesia, sudah saya sampai kan ke manajemen JKT48”



tweet Togasaki-san selanjutnya :
先程のJKT48ファンから頂いたご質問の回答はJKT48公式Twitterよりさせて頂きます。これからもJKT48の応援宜しくお願い致します。
yg artinya : “Questions from JKT48 fans will be answered through JKT48 official twitter. Please keep supporting JKT48.”
https://twitter.com/tgsk48/statuses/164678757414731776


Dan setelah Togasaki-san tweet seperti itu, keesokannya official JKT48 memberikan pernyataan yaitu :

"Teman-teman, terima kasih atas masukan dan kritik yang diberikan atas perihal salah satu anggota JKT48. Kami menerima masukan dari teman-teman mengenai beberapa tweet dari akun twitter Melody Nurramdhani Laksani. Pihak manajemen sudah melakukan penyelidikan atas hal ini dan memastikan bahwa akun twitter tersebut bukan milik Melody.

Terima kasih atas dukungan dari teman-teman. Terus dukung JKT48 ya :)

Apabila ada pertanyaan silakan hubungi official twitter kami di @officialjkt48”


Namun ternyata, tadinya saya mengira ini official akan memberikan pernyataan resmi setelah itu dengan sendirinya… namun malah lagi-lagi para fans AKB48 yg diundang oleh JOT untuk membantu mengklarifikasikan ini kepada fans.


Dimana sewaktu meeting bersama oknum J dan G, terdapat pembelaan bahwa dari member/ Melody-nya pada saat itu (yang disampaikan oknum G) dimana bukan Melody yang nge-tweet, karena pada waktu kejadian dia ga megang handphone di Jepang. Dan waktu itu ada hacker yang ngetweet dengan menggunakan akun itu.

Dan pada akhirnya para fans AKB48 inilah yang membuat tulisan ini untuk membantu manajemen JKT48, karena saat itu mungkin mereka tidak mampu untuk menenangkan fans karena mereka belum mengerti apa yang terjadi dan harus bagaimana? >_<

Berikut tulisannya :
https://twitter.com/stevesakurasi/status/405986287137480704


dimana beberapa hari kemudian, manajemen JKT48 merevisi tulisannya seperti ini.

https://www.facebook.com/notes/jkt48/klarifikasi-resmi-dari-manajemen-jkt48/326093147433735


Akhirnya, setelah keluarnya pernyataan tersebut membuat para fans sudah bisa menerima bahwa JKT48 adalah sesuatu yang baru dan jika ada kesalahan maka bisa dimaklumi.. yang diharapkan fans pada waktu itu adalah agar JKT48 bisa lebih baik ke depannya, dikarenakan JKT48 merupakan bibit baru di musik Indonesia dan bisa membuat musik Indonesia mengarah ke sesuatu yang baru.. dan tentunya bisa membuat 48 group bangga.

Namun, apakah ke depannya manajemen JKT48 serta member JKT48 sudah bisa lebih proffesional? Tunggu ceritanya di part 2 ya..

image
Dan akhirnya part 1 selesai… part 2 akan bercerita mengenai perjuangan member generasi 1 untuk teater pertama JKT48

note : kasus Melody ini adalah kasus lama (2 tahun lalu) jadi ga usa disangkutpautkan dengan sekarang yah.. :))

0 komentar:

Posting Komentar